Survey KeButuhan Data - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Survey KeButuhan Data

Survey KeButuhan Data

5 Juni 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


pelayanan BPS diidentifikasi melalui kegiatan SKD. Identifikasi tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas data dan informasi statistik dilaksanakan secara tahunan. Tahun 2019, SKD dilaksanakan di 511 wilayah PST yang mencakup BPS Pusat, 33 BPS Provinsi, dan 477 BPS Kabupaten/Kota selama Bulan Maret – Mei 2019.
dengan baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan realisasi pengumpulan data yang sesuai target, yaitu 100,00%. 
karakteristik konsumen, kebutuhan data dan kepuasan konsumen. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui tabel , grafik, analisis kuadran dan Indeks Kepuasan Konsumen (IKK)/Customer Satisfaction Index (CSI). 
berasal dari PNS/TNI/Polri (63,33%) dengan pemanfaatan data terbesar digunakan untuk perencanaan dan evaluasi (48,57%). 
layanan yang menyediakan data dan informasi statistik berupa layanan data mikro/peta digital/softcopy publikasi (33,33%). Kecenderungan tersebut juga diperkuat dengan persentase fasilitas utama untuk memperoleh data BPS terbesar adalah website BPS (46,67%). 
BPS sebagai data utama untuk kegiatan yang dilakukan. Dengan kata lain, BPS menjadi rujukan utama bagi konsumen dalam memperoleh data. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase sebesar 96,67%.
4. Secara umum, konsumen merasa puas terhadap data yang diperoleh dari penyedia data BPS Kabupaten Tegal yang ditunjukkan dengan persentase kepuasan sebesar 100%.
5. Kepuasan konsumen terhadap data yang diperoleh dari penyedia data BPS Kabupaten Tegal disajikan menurut dimensi kualitas data, yaitu kelengkapan data, akurasi data, kemutakhiran data, relevansi, koherensi dan komparabilitas, aksesibilitas, interpretabilitas, serta aktualitas dan ketepatan waktu. 
6. Kepuasan konsumen terhadap pelayanan di PST BPS Kabupaten Tegal
digambarkan melalui IKK. Nilai IKK PST BPS Kabupaten Tegal adalah 91,7. Artinya, kualitas pelayanan di PST BPS Kabupaten Tegal adalah sangat memuaskan.
 
Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil analisis SKD 2019 dalam rangka meningkatkan kualitas data dan informasi statistik serta memberikan pelayanan publik yang lebih baik adalah: 
1. IPA memetakan 12 atribut pelayanan ke dalam empat kuadran yang dipisahkan oleh rata-rata tingkat kepentinganpada sumbu Y dan rata-rata tingkat kepuasan pada sumbu X. Berdasarkan hasil IPA, 4 atribut pelayanan di PST BPS Kabupaten Tegal menjadi prioritas utama perbaikan (kuadran A), yaitu:
a. Kemudahan memperoleh data dari website BPS;
b. Kemudahan akses metadata;
c. Kejelasan fasilitas pengaduan. 
2. Atribut pelayanan yang akan digunakan pada kuesioner SKD 2020 sebaiknya tidak mengalami banyak perubahan dibandingkan SKD 2019. Hal ini ditujukan untuk mengetahui keterbandingan variabel antar tahun.
  
 

 
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik