Tamu dari BPS Pusat - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Tamu dari BPS Pusat

Tamu dari BPS Pusat

13 Oktober 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada hari Selasa, tanggal 12 Oktober 2021 di BPS Kabupaten Tegal kedatangan tamu dari BPS Pusat, Risyanto, S.Si. MSi dan Adi Nugroho, S.ST terkait informasi fenomena ekonomi yang terjadi di Kabupaten Tegal untuk mendukung penghitungan angka IPM, dan  Indeks Pembangunan Gender .

            Terjadi diskusi yang menarik, antara lain mengenai kondisi jumlah pengangguran di Kabupaten Tegal dikaitkan dengan Angka IPM Kabupaten Tegal yang naik sedangkan jumlah pengangguran juga mengalami kenaikan.  Hal ini terjadi karena yang menjadi tolok ukur untuk meningkatkan IPM tidak hanya tenaga kerja, tapi juga pendidikan,  dan kesehatan.

Di bidang pendidikan, program yang dilancarkan Pemerintah Kabupaten dengan “Yuh Sekolah Maning”  untuk menuntaskan anak putus sekolah berhasil meningkatkan  kualitas pendidikan. Demikian juga di bidang peningkatan kesehatan, adanya program posyandu, kafeta, kafe untuk balita, program vaksin, cek kesehatan untuk lansia, prolanis dan lain lain cukup berhasil meningkatkan kualitas hidup manusia Kabupaten Tegal dari sisi kesehatan.

Sedangkan untuk tingkat pengangguran naik karena adanya pandemi covid, menjadikan banyak tenaga kerja yang di phk, baik di daerah Kabupaten Tegal atau yang pada pulang dari kota besar seperti Jakarta. Apalagi pada bulan Juli kemarin adanya PPKM karena Covid merebak, menambah penurunan aktivitas masyarakat terutama pedagang kecil atau asongan menurun. Untuk angkatan kerja baru juga kesulitan mendapatkan pekerjaan karena banyak perusahaan yang untuk sementara menghentikan operasinya.

Namun apapun itu semoga kita tetap menjadi hamba yang bersyukur, bersabar menerima semua ujian, dan tetep semangat menjalankan aktivitas dan ibadah. Aamiin. (tri/nerwilis)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik