Desa Cantik, Mengenalkan BPS dari Level Desa - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Desa Cantik, Mengenalkan BPS dari Level Desa

Desa Cantik, Mengenalkan BPS dari Level Desa

3 Januari 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pelaksanaan Reformasi Birokrasi menjadi sangat penting untuk dibangun secara sistematis dan berkelanjutan oleh seluruh instansi pemerintahan termasuk pula Badan Pusat Statistik. Untuk dapat mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi, seluruh instansi pemerintahan diharapkan mampu mewujudkan quick wins masing-masing.

Pada tahun 2021 lalu, dalam upaya mencapai quick wins BPS yaitu edukasi data dan mengenalkan BPS dari level desa, salah satu inovasi yang dilaksanakan BPS adalah proram Pembinaan Statistik Sektoral Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Berdasarkan UU NO.16 Tahun 1997 tentang statistik, Program Desa Cantik ini merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral.

Menyambut awal tahun 2022 dengan semangat juang dan cita-cita yang tingi untuk siap berkolaborasi membangun Negeri, BPS Kabupaten Tegal mengawali Tahun 2022 salah satunya dengan mempersiapkan segala amunisi dan keperluan pelaksanaan Program Desa Cantik. Program ini rencananya akan segera dirilis tahun ini pada beberapa desa terpilih.

Pada hari selasa (21/12/2021) lalu BPS Kabupaten Tegal menghadiri rapat koordinasi terkait Sosialisasi Program Desa Cantik di Desa Pedeslohor Adiwerna dengan narasumber Kepala Desa Pedeslohor, BPS serta dari BAPERMADES. Sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan peserta dari Tim Pendamping Desa, Tim Pendamping Lokal Desa, Tim Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Mayarakat Desa serta seluruh tim yang mengawal pembangunan desa. Perwakilan dari BPS Kabupaten Tegal yang menghadiri rapat koordinasi adalah Hayyun Kartika Tri Harnoanto, S.Si, MM, Amin Sukardi, S.ST, M.Si serta Ir. Tri Wahyuni.

Pembinaan Desa Cantik merupakan sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran. Program Desa Cantik ini searah dengan intensi Satu Data Indonesia yaitu mewujudkan keterkaitan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan. Dengan adanya program Desa Cantik kedepannya sistem informasi desa berbasis masyarakat dapat dioptimalkan. Mari bersama membangun perubahan BPS Kabupaten Tegal lebih baik dan lebih baik lagi. (Lathifah/STIS)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik