Rapat Koordinasi Mengenai Desa Cantik di Desa Sidapurna Kecamatan Dukuhturi - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Rapat Koordinasi Mengenai Desa Cantik di Desa Sidapurna Kecamatan Dukuhturi

Rapat Koordinasi Mengenai Desa Cantik di Desa Sidapurna Kecamatan Dukuhturi

16 Maret 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada tahun 2021 lalu, BPS telah merancang suatu program pembinaan statistik sektoral tingkat desa melalui Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dengan menggandeng kementerian/lembaga terkait, yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT). Desa Cinta Statistik merupakan salah satu program percepatan (quick wins) optimalisasi dan standarisasi pembinaan statistik sektoral yang dilakukan oleh BPS dengan berfokus kepada desa. Fokus BPS adalah membina 100 desa cinta statistik sebagai booster dalam pengembangan dan memberikan pengaruh terhadap desa lain.

Terkait hal tersebut, pada hari Rabu (17/03) kemarin, BPS Kabupaten Tegal mengadakan rapat koordinasi dengan perangkat desa Sidapurna menindaklanjuti proses pembentukan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di desa tersebut. Dalam kunjungan kali ini Ratna Sari Dewi selaku Ketua Tim Desa Cantik BPS Kabupaten Tegal ditemani oleh Martin Muktiasih serta teman-teman Magang STIS Isna, Fatih, Dzatu dan Lathifah. Setelah berdiskusi dengan perangkat Desa Sidapurna yang diwakili oleh Bondan Iskandar, hasil dari rapat koordinasi tersebuat kemudian digunakan sebagai sumber dalam menyusun informasi statistik yang dibutuhkan di tingkat desa terkait.

Desa Sidapurna termasuk desa dengan administrasi dan manajemen pengumpulan data yang sudah baik pada Kecamatan Dukuhturi. Namun penyimpanan seluruh data hanya mengandalkan PC desa dan belum terdapat wadah/sistem independen yang dapat menampung seluruh database menjadi satu keseluruhan sehingga perangkat desa mudah untuk mengupdate data yang masuk setiap waktu secara efisien. Apabila sarana penunjang kegiatan pengumpulan data tersebut sudah terbentuk dan siap pakai, pelatihan pembinaan lanjutan terkait Desa Cinta Statstik di Sidapurna dapat dilaksanakan dan proses bisnis pembentukan Desa Cantik dapat dipaparkan kepada seluruh instansi terkait.(Latifah/STIS) 
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik