Ayo kita Sukseskan Desa Cantik, Cinta Statistik - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Ayo kita Sukseskan Desa Cantik, Cinta Statistik

Ayo kita Sukseskan Desa Cantik, Cinta Statistik

9 Juni 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Salah satu program yang akan dilaksanakan BPS di tahun 2022 adalah Pembinaan Desa Cantik. Yaitu Desa Cantik, Desa Cinta Statistik. Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif. Program ini telah dilaksanakan di tahun 2021 dan akan dilaksanakan kembali di tahun 2022.

Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan berikutnya yaitu Standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen agen statistik pada level desa/kelurahan.

Program Desa Cantik ini akan dilaksanakan pada tingkat desa dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya yaitu keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan  serta memiliki potensi wisata atau potensi produk unggulan.

Untuk mendukung program tersebut, terlebih dahulu dilakukan pelatihan bagi Calon Pembina Desa Cantik Tahun 2022. Pelatihan yang diikuti oleh Calon Pembina Desa Cantik di seluruh Indonesia ini dilaksanakan secara virtual dari tanggal 6 hingga 17 Juni 2022 mendatang. Pelatihan ini secara langsung dibuka oleh Deputi Bidang Statistik Sosial BPS RI Bapak Dr. Ateng Hartono SE, M.Si.

Dalam paparannya Bapak Deputi menyampaikan bahwa perlu dukungan dari seluruh pihak dalam mensukseskan program Desa Cantik ini. Tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat. Dengan dukungan dari semua pihak diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia. Kini saatnya desa bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona. Yuuuuk Sukseskan Desa Cantik. (Mart)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik