Senin Ngangenin : Sharing Knowledge Kemiskinan di Kabupaten Tegal - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Senin Ngangenin : Sharing Knowledge Kemiskinan di Kabupaten Tegal

Senin Ngangenin : Sharing Knowledge Kemiskinan di Kabupaten Tegal

20 November 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Slawi - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tegal mengadakan kegiatan sharing knowledge terkait kemiskinan di Kabupaten Tegal pada Senin, 20 November 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pegawai BPS Kabupaten Tegal tentang konsep, metode, dan perkembangan kemiskinan di daerahnya.

 

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Ratna Sari Dewi, Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Kabupaten Tegal. Dalam paparannya, ia menjelaskan tentang konsep dasar kemiskinan, kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif, kemiskinan makro dan kemiskinan mikro, komponen garis kemiskinan, sumber data pengukuran kemiskinan, serta indikator kemiskinan seperti head count index, indeks kedalaman, dan indeks keparahan kemiskinan.

 

Ia juga menyampaikan data terbaru tentang perkembangan kemiskinan di Kabupaten Tegal. Menurut data BPS, garis kemiskinan Kabupaten Tegal naik dari Rp 434.638 pada Maret 2022 menjadi Rp 470.728 pada Maret 2023 per kapita per bulan, atau naik sebesar 8,30 persen.

 

Persentase penduduk miskin di Kabupaten Tegal sebesar 7,30 persen pada tahun 2023. Angka ini menempatkan Kabupaten Tegal di peringkat ke-8 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang memiliki persentase penduduk miskin terendah. Indeks kedalaman kemiskinan Kabupaten Tegal sebesar 0,88 pada tahun 2023. Indeks keparahan kemiskinan Kabupaten Tegal sebesar 0,17 pada tahun 2023.

 

Ratna Sari Dewi mengatakan bahwa data kemiskinan ini penting untuk dijadikan bahan evaluasi dan perencanaan oleh pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Ia juga berharap bahwa kegiatan sharing knowledge ini dapat memberikan manfaat bagi pegawai BPS Kabupaten Tegal dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyedia data statistik yang akurat dan berkualitas.

 

Kegiatan sharing knowledge ini dilaksanakan di ruang teknis BPS Kabupaten Tegal dan diikuti oleh seluruh pegawai BPS Kabupaten Tegal. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Senin Ngangenin yang rutin dilakukan oleh BPS Kabupaten Tegal setiap minggu untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja pegawainya. (Wind/Tya)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik