Pentingnya Menjaga Kualitas Data Sektoral - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Pentingnya Menjaga Kualitas Data Sektoral

Pentingnya Menjaga Kualitas Data Sektoral

21 Februari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada tanggal 21 Februari 2024, di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal, telah dilaksanakan pembinaan statistik sektoral yang dihadiri oleh Tim dari Dinas Kominfo Kabupaten Tegal selaku walidata, BPS Kabupaten Tegal selaku pembina data dan perwakilan dari Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian serta perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tegal sekalu produsen data di Kabupaten Tegal.
Pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya pembinaan statistik sektoral yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal. Tujuan dari pertemuan tersebut adalah untuk mempersiapkan evaluasi Penilaian Statistik Sektoral yang terkait dengan Kualitas Data. Pimpinan pertemuan tersebut adalah Ibu Sri Rejeki, S.IP, MM, yang menjabat sebagai Kepala Bidang Data, Statistik, dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tegal. 
Ibu Diana Dwi Susanti. SST selaku pembina Statistik Sektoral BPS Kabupaten Tegal menyampaikan bahwa menjaga kualitas data sangat penting karena data yang berkualitas merupakan landasan yang kuat untuk pengambilan keputusan yang tepat. Organisasi publik, seperti pemerintah, memiliki tanggung jawab untuk menyediakan informasi yang akurat kepada publik. Data yang berkualitas membantu pemerintah dalam menyusun kebijakan yang efektif dan menjelaskan kinerja pemerintah kepada masyarakat.
Dalam pertemuan ini, dibahas berbagai aspek terkait dengan kualitas data yang menjadi fokus evaluasi, seperti relevansi, akurasi, aktualitas dan ketepatan waktu, aksesibilitas serta keterbandingan dan konsistensi data. Diskusi dan pembahasan yang dilakukan dalam pertemuan tersebut diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas data yang akan dievaluasi dalam Penilaian Statistik Sektoral
Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan bahwa Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal dapat meningkatkan kualitas data sektoral data sektoral, sehingga informasi yang dihasilkan dapat digunakan secara lebih efisien dan memberikan dasar yang lebih kuat bagi pengambilan keputusan di tingkat kabupaten. (Mart)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik