Statistik bukan hanya menjadi domain BPS, namun menjadi milik semua pihak - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Statistik bukan hanya menjadi domain BPS, namun menjadi milik semua pihak

Statistik bukan hanya menjadi  domain BPS, namun menjadi milik semua pihak

15 Maret 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Sistem Statistik Nasional (SSN) adalah suatu tatanan yang terdiri atas unsur-unsur kebutuhan data statistik, sumber daya, metode, sarana dan prasarana, ilmu pengetahuan dan teknologi, perangkat hukum, dan masukan dari Forum Masyarakat Statistik yang secara teratur saling berkaitan, sehingga membentuk totalitas dalam penyelenggaraan statistik.
Pembangunan Sistem Statistik Nasional di tingkat kabupaten/kota menjadi penting untuk memastikan ketersediaan data statistik yang terjamin kualitasnya untuk digunakan sebagai bahan perencanaan pembangunan, pengambilan keputusan dan evaluasi program di tingkat kabupaten/kota.
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagi wali data, BPS sebagai pembina data dan OPD selaku produsen data harus bersinergi dan berpasrtisipasi aktif dalam proses pembangunan Sistem Statistik Nasional.
Kaitannya dengan hal tersebut Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Bersama BPS Kabupaten Tegal melakukan pembinaan statistik sektoral yang bertemakan Sistem Statistik Nasional di Gedung Setda Kabupaten tanggal 15 Maret 2024. Tak hanya BPS, acara tersebut dihadiri pula oleh perwakilan dari BAPPEDA dan perwakilan dari OPD selaku produsen data. Dalam pembukaan acara tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal, Dra. Nurhayati, MM menyampaikan bahwa semua pihak dalam hal ini OPD diharapkan mampu menyelenggarakan kegiatan statistik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan lapangan, pengolahan sampai mendesiminasikan data hasil kegiatannya kepada publik. 
Diana Dwi Susanti, SST selaku Statistisi Madya BPS Kabupaten Tegal juga memberikan beberapa catatan penting dalam pembangunan Sistem Statistik Nasional di tingkat kabupaten diantaranya adanya kemudahan akses masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait data yang dihasilkan, seperti informasi kapan data akan terbit, data bisa dibagipakaikan dengan syarat yang telah ditentukan, data tersedia dalam berbagai format dan tidak kalah pentingnya data beserta metadatanya dapat di akses dalam portal satu data di tingkat Kabupaten/kota.
 Dengan adanya pembinaan ini, diharapkan semu pihak yang terlibat dapat memahami dan berperan aktif dalam proses pembangunan Sistem Statistik Nasional, karena Statistik bukan hanya menjadi domain BPS, namun menjadi milik semua pihak.. (Mart)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik