Optimalisasi Simpasar: Langkah Strategis dalam Meningkatkan Akurasi Data Harga Kebutuhan Pokok - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Optimalisasi Simpasar: Langkah Strategis dalam Meningkatkan Akurasi Data Harga Kebutuhan Pokok

Optimalisasi Simpasar: Langkah Strategis dalam Meningkatkan Akurasi Data Harga Kebutuhan Pokok

21 Maret 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Dinas UMKM, Koperasi dan Perdagangan merekomendasikan kegiatan statistik sektoral pemantauan harga pasar dan menginputnya di Simpasar. Simpasar adalah Sistem Informasi Manajemen Pedagang, Stok, dan Harga Pasar Rakyat Kabupaten Tegal. Aplikasi ini menyediakan data pasar rakyat, harga, dan stok barang pasar.

Selain merekomendasikan kegiatan, Dinas UMKM, Koperasi dan Perdagangan berkolaborasi dengan BPS untuk mengawal kegiatan tersebut sesuai dengan proses bisnis GSPBM.

Setelah melakukan perencanaan tersebut, Kamis (21/3), Dinas UMKM, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Tegal menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pendampingan pendataan Harga kebutuhan pokok melalui aplikasi Simpasar. Digelar di aula Dinas Perdagangan dan UMKM Kabupaten Tegal, Acara ini  bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan validasi data harga kebutuhan pokok dalam aplikasi Simpasar. Peserta bimtek ini yaitu perwakilan 15 petugas pasar dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tegal. Mereka merupakan petugas yang bertanggung jawab dalam melakukan pendataan harga kebutuhan pokok di pasar rakyat. Dalam acara ini, mereka akan mendapatkan bimbingan dan pendampingan langsung dari Pembina yaitu dari Badan Pusat Statistik Kab Tegal.
 
Ratna Sari Dewi, selaku narasumber memberikan pengetahuan dan panduan praktis kepada para petugas pasar dalam menggunakan aplikasi Simpasar. Beliau menjelaskan pentingnya akurasi dan validasi data harga kebutuhan pokok yang diinput ke dalam aplikasi tersebut. Dengan data yang akurat dan valid, aplikasi Simpasar dapat memberikan informasi yang berguna bagi pedagang dan masyarakat dalam mengambil keputusan yang tepat terkait harga barang.
 
Acara ini juga memberikan kesempatan bagi para petugas pasar untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi dalam melakukan pendataan. Diskusi interaktif dan sesi tanya jawab dilakukan untuk memperdalam pemahaman tentang penggunaan aplikasi Simpasar dan strategi pendataan yang efektif.
 
Turut memberikan sambutan Diana Dwi Susanti, sebagai ahli madya BPS Kabupaten tegal menyampaikan apresiasi kepada para petugas pasar atas dedikasi mereka dalam melakukan pendataan harga kebutuhan pokok. Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan para petugas pasar dalam menggunakan aplikasi Simpasar dan memastikan data yang diinput akurat dan valid. (Ann)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik