Ubinan Padi di Desa Balaradin, Sebagian Besar Petani Memanen dengan Sistem Tebasan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Ubinan Padi di Desa Balaradin, Sebagian Besar Petani Memanen dengan Sistem Tebasan

Ubinan Padi di Desa Balaradin, Sebagian Besar Petani Memanen dengan Sistem Tebasan

28 Juli 2024 | Kegiatan Statistik


Lebaksiu, 28 Juli 2024 - Musim panen padi di Desa Balaradin, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal memasuki puncaknya. Pencacah Agung Wicaksono dan Pengawas Ari Yulianto yang melakukan kunjungan ke sawah milik petani pada Minggu pagi (28/7) pukul 08.15 WIB, melaporkan bahwa sebagian besar tanaman padi di desa ini akan memasuki masa panen pada akhir Juli dan pertengahan Agustus mendatang.

Mayoritas petani di Desa Balaradin memilih untuk menjual hasil panen mereka dengan sistem tebasan. Sistem ini melibatkan penjualan padi kepada penebas sebelum panen, dengan harga yang disepakati di awal.

"Kondisi tanaman padi di sini sudah siap panen. Kebanyakan petani memilih untuk menjual hasil panen mereka dengan sistem tebasan," ujar Agung Wicaksono.

Sistem tebasan merupakan praktik yang umum di berbagai daerah di Indonesia, terutama di wilayah pedesaan. Sistem ini menawarkan keuntungan bagi petani, seperti mendapatkan uang tunai sebelum panen dan tidak perlu repot dengan proses panen. Namun, sistem ini juga memiliki kekurangan, seperti harga jual padi yang biasanya lebih rendah dibandingkan dengan penjualan setelah panen.

Meskipun demikian, sistem tebasan tetap menjadi pilihan populer bagi banyak petani di Desa Balaradin. Hal ini menunjukkan bahwa sistem ini masih dianggap menguntungkan dan praktis bagi mereka.

Agung Dan Ari melaksanakan ubinan padi di petak yang sudah ditentukan sampelnya. Hasilnya cukup bagus, Dan datanya segera dikirim ke BPS RI untuk disatukan dengan ubinan di daerah lain.(Ary)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik