Pengawasan Ubinan Padi Subround 2 di Desa Kalisoka - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Pengawasan Ubinan Padi Subround 2 di Desa Kalisoka

Pengawasan Ubinan Padi Subround 2 di Desa Kalisoka

1 Agustus 2024 | Kegiatan Statistik


1 Agustus 2024, Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuwaru — Tim pengawasan ubinan padi Subround 2 tahun 2024 bekerja dengan baik di Desa Kalisoka. Kali ini dalam tim ada pengawas ubinan padi sawah Imam Furqon Roziqin, didukung oleh pencacah Rizki Okta, Jamani, dan Sutari, dengan dibantu anak magang dari SMK2 Adiwerna, mereka juga belajar semua kegiatan yang ada di BPS.
Ubinan di Desa Kalisoka, hampir sama dengan ubinan di berbagai daerah lain, memiliki tantangan tersendiri yaitu : Karena padi dipanen secara otomatis menggunakan mesin perontok padi otomatis, atau combine harvester. Sehingga kita berpacu dengan mesin ini, jadwal ubinan yang sudah dibuat bisa kalah dengan kecepatan mesin ini. Oleh karena itu, jadwal harus diatur dengan bijaksana agar tidak terjadi tumpang tindih dalam proses panen. Meskipun demikian, hasil ubinan di daerah ini cukup bagus.
Sebagian besar petani memanen hasil panennya dengan Combine Harvester, sebuah mesin canggih yang dapat memotong, memegang, merontokkan, dan membersihkan gabah dalam satu waktu. Combine Harvester adalah mesin pemanen padi yang dioperasikan oleh minimal dua orang. Mesin ini memiliki beberapa bagian utama, yaitu: Header Unit: Terdiri atas pengarah (reel guide) dan pisau pemotong (cutter bar) untuk memotong dan mengarahkan batang padi.
Pada kesempatan ini, Tim Ubinan mengubin tiga plot padi di Kalisoka. Setelah plot ubinan ditentukan, area yang akan diukur jumlah produksinya dipilih dengan random sesuai metode yang dipakai di ubinan. Kemudian, padi-padi dipotong dengan sabit, dan dirontokkan secara manual untuk kemudian ditimbang beratnya untuk mendapatkan data yang akurat. (Uonk)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik