Memasuki era industri 4.0, memaksa kita untuk berjalan beriringan
dengan teknologi digital. Jaman dulu, iklan dilakukan melalui media cetak.
Sekarang, media sosial (medsos) menjadi pilihan terbaik untuk branding baik
individu maupun instansi.
BPS Kabupaten Tegal menyesuaikan diri dengan perkembangan,
juga menggunakan media sosial (medsos) untuk memperkenalkan diri berbagai
lapisan masyarakat. Media yang digunakan adalah Youtube, instagram, twitter, facebook, dan yang terbaru adalah tiktok.
Konten medsospun dibuat beragam, mulai dari berita mengenai
data statistik tertentu juga diselipkan konten viral untuk menarik pembaca dari
generasi Z (Lahir tahun 1997 – 2012,
perkiraan usia sekarang 8 – 23 tahun)
Dari hasil analisa instagram BPS Kabupaten Tegal, ada dua
konten viral yang mendapatkan reach tertinggi. Salah satunya yaitu, konten
viral aktor korea dan reels Squid game.
Menggambarkan kegiatan statistik kedalam konten yang
diminati bukanlah hal yang mudah. Tim Medsos BPS Kabupaten Tegal bersinergi untuk terus membuat konten edukasi
statistik yang ringan sehingga bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat luas.
Sekaligus juga untuk mengenalkan BPS ke berbagai lapisan masyarakat.
Kedepan diharapkan nama BPS lebih dikenal, sehingga saat di
lapangan Petugas Survei Lapangan tidak sulit menjelaskan siapa dan apa itu BPS. (Mila/produksi).