Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tegal - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tegal

Pertumbuhan  Ekonomi Kabupaten Tegal

16 Juni 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


          Tau ga sih apa itu PDRB ? PDRB adalah Produk Domestik Regional Bruto, dimana angka PDRB bisa menggambarkan perekonomian di suatu wilayah  pada periode tertentu. PDRB dihitung dengan cara menjumlahkan Nilai Tambah dari seluruh sektor yang tercakup dalam pembentukan PDRB. Nilai Tambah diperoleh dari Produksi yang dikurangi Biaya Antara.

            Beberapa kegunaan dari PDB/PDRB antara lain adalah untuk mengetahui struktur ekonomi suatu wilayah, juga bisa untuk mengetahui Pertumbuhan Ekonomi suatu daerah, untuk perbandingan potensi ekonomi secara regional maupun internasional, untuk analisis ekonomi lebih lanjut dan bisa menjadi dasar perencanaan dan kebijakan ekonomi oleh stakeholder terkait.

            Dari angka PDRB  dapat menghasilkan angka pertumbuhan Ekonomi dan ini bisa sebagai  alat ukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan suatu daerah dalam periode waktu tertentu. Disamping juga untuk mengukur kinerja ekonomi suatu daerah pada suatu periode tertentu. Penghitungan Pertumbuhan Ekonomi dihitung  dari PDRB atas dasar harga  konstan.

            Pertumbuhan yang positif menunjukkan adanya kenaikan produksi barang dan jasa sedangkan pertumbuhan yang negative atau kontraksi itu menunjukkan adanya penurunan barang dan jasa.

            Dari data yang ada pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tegal selama tahun 2016 sampai dengan 2019 selalu menunjukkan pertumbuhan yang positif , itu artinya ekonomi berjalan baik, produksi meningkat dan harga juga meningkat standar berkisaran di angka 5 persen. Tapi tidak di tahun 2020, Pandemi Covid-19 yang mulai terasa di awal tahun sekitar bulan Maret memporakporandakan perekonomian Kabupaten Tegal khususnya. Sektor yang mampu bertahan adalah sektor Pertanian , sedangkan yang sangat terdampak adalah sektor Industri, Perdagangan, Angkutan, Jasa Hiburan dan yang sangat miris adalah sektor Pendidikan.

            Tapi ada sektor yang justru meningkat aktivitas ekonominya yaitu Informasi dan Komunikasi dan Kesehatan. Terlepas dari naik turunnya sektor sektor tersebut mengakumulasi pertumbuhan negative di tahun 2020 yaitu Kontraksi 1.46 persen.

            Hampir seluruh daerah di  Jawa Tengah dan nasional mengalami kontraksi karena tidak bisa dielakkan perekonomian jadi terhambat karena harus mengikuti Pola hidup kebiasaan baru dengan memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan lain lain meski tidak sepenuhnya masyarakat patuh terhadap peraturan tersebut. Tetep semangat, ikhtiar untuk melawan Covid dan melakukan yang terbaik, semoga Covid segera berlalu. Aamiin. (Tri/nerwil)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik