Pelatihan Survei Pertanian Terintegrasi atau SITASI - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Pelatihan Survei Pertanian Terintegrasi atau SITASI

Pelatihan Survei Pertanian Terintegrasi atau SITASI

14 September 2021 | Kegiatan Statistik


Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal sedang melakukan Pelatihan Survei Pertanian Terintegrasi atau SITASI dari tanggal 13-15 September 2021 sebanyak 2 Kelas yaitu Kelas A yang dipandu oleh Inda Hayyun Kartika Harnoanto ,SST.MM dan Kelas B yang dipandu oleh Nurlaleli Ismilarsih, Amd atau Mila melalui Virtual Meeting..

Pelaksanaan Pelatihan SITASI ini menggunakan metode baru yaitu dengan e-learning. Petugas pelatihan dapat mendownload seluruh materi pembelajaran di elearning tersebut, dapat melakukan presensi pagi dan siang.  Melalui e-learning, setiap break pun bisa mengikuti kuis, untuk mengevaluasi apakah materi yang dipelajari sudah dipahami atau belum.

Seluruh petugas sudah dilengkapi dengan materi, APD, dan ATK. Serta sudah mendapatkan swab antigen sebagai salah satu prosedur sebelum pelaksanaan lapangan. Petugas lapangan diikuti oleh para mitra BPS dan pengawas oleh staf atau KSK organik BPS Kabupaten Tegal.

SITASI dilaksanakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan data statistik pertanian yang lebih lengkap, lebih baik, lebih murah, dan lebih cepat .

Terdapat empat pilar utama statistik pertanian yaitu Produksi, Keadaan Sosial-Ekonomi Petani, Ongkos Produksi, dan Neraca Pertanian Nasional. Tujuan lain survey SITASI adalah agar  tersedianya indikator SDG’s sektor pertanian, mendapatkan data volume produksi per unit tenaga kerja, memperoleh informasi Pendapatan rata-rata usaha pertanian skala kecil, dapat memproporsikan  lahan pertanian yang berkelanjutan, dan bisa menghitung persentase penduduk dengan kepemilikan atau hak yang terjamin atas lahan pertanian. Dari seluruh rangkaian survey SITASI terbagi dalam 3 modul yaitu , Modul KOR, Modul Ekonomi dan Modul Mesin dan Peralatan Aset.

Survei ini dijadwalkan akan dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu tahap update listing pada tanggal 20-30 September 2021 dan tahap pencacahan yang  pelaksanannya pada tanggal 14 Oktober sampai dengan  23 November  2021.

Semangat untuk Data Berkualitas lakukan SITASI dengan Tuntas. (Tri/Nerwil)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik