Workshop Industri dan PEK Agustus 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Workshop Industri dan PEK Agustus 2023

Workshop Industri dan PEK Agustus 2023

23 Agustus 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada Tanggal 22 - 23 Agustus 2023, BPS Propinsi Jawa Tengah mengadakan Workshop Hasil Kegiatan Statistik Industri dan Pertambangan, Energi dan Konstruksi Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023.  Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Harris Sentraland Semarang dan diikuti oleh 35 BPS kabupaten/kota se Jawa Tengah dengan peserta 2 orang perwakilan masing masing Kabupaten. Dari BPS Kabupaten Tegal yang mewakili adalah Ketua Tim Industri yaitu Ir. Tri Wahyuni dan Ketua Tim PEK  dan Adiprima Widi Nugroho, SST.

Acara berlangsung sangat khidmat dan dibuka oleh Ketua Tim Industri dan PEK Provinsi Jawa Tengah, Tri Karjono, S.Pi  dan dilanjutkan arahan oleh Statistisi Ahli Madya, Ir. Sri Diastuti, MM, yang mengulas peran Sektor Industri dan PEK terhadap angka Produk Domestik Regional Bruto tahun 2022.

Peran sektor Kegiatan Survei Industri dan PEK memberikan andil sebesar 47.53 % terhadap PDRB Jateng 2022, hampir separuh  angka PDRB ditentukan oleh sektor tersebut. Sehingga memandang perlu untuk lebih fokus dan mengambil langkah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas data dan respon rate dari pengumpulan data ini, mengingat sampelnya adalah establishment atau perusahaan. Diakui memang cukup sulit mengumpulkan datanya karena perusahaan industry  dan konstruksi tidak semuanya punya respon yang baik terhadap pengumpulan datanya.

Beberapa strategi yang dibahas di kegiatan Workshop ini antara lain :

1.       Komunikasi aktif, Evaluasi dan Monitoring,

2.       Pengawasan dan Pemeriksaan yang aktif dan efektif,

3.       Adanya implementasi kolaborasi dengan instansi terkait antara lain :

a. Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan

b. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

c. Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan Perum Perhutani

d. Dinas Kelautan dan Perikanan

e. Dinas Ketahanan Pangan

Quote dalam Workhsop ini adalah  Walau tak selamanya upaya memberi hasil, namun tanpa upaya mustahil akan berhasil”. kita berupaya semaksimal mungkin dengan langkah langkah yang jelas dan terorganisir, semoga bisa memberikan hasil sesuai ekspetasi kita, Bismillah.(Tri We)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik