Petugas Bersiap, Pencacahan Rumah Tangga Dimulai - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Petugas Bersiap, Pencacahan Rumah Tangga Dimulai

Petugas Bersiap, Pencacahan Rumah Tangga Dimulai

13 November 2023 | Kegiatan Statistik


Slawi - Bulan November ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tegal menggelar Survei Rumah Tangga Terintegrasi (SERUTI) Triwulan IV 2023, sebuah pendataan untuk mengetahui kondisi perekonomian wilayah pada triwulan IV tahun ini.

Kegiatan ini dirancang untuk merinci nilai dan pola pendapatan, pengeluaran konsumsi makanan, konsumsi non makanan, investasi, dan transaksi keuangan rumah tangga. Dengan demikian, BPS Kabupaten Tegal berharap mendapatkan potret akurat dan menyeluruh tentang dinamika ekonomi di wilayah ini.

Sebelum melangkah ke lapangan, petugas SERUTI mendapatkan pembekalan tentang tata kelola lapangan yg sesuai SOP agar mendapatkan  data berkualitas. Mereka tidak hanya memahami konsep dan definisi SERUTI, tetapi juga dilatih dalam tata cara pencacahan dan pengawasan.  Dengan pendampingan dan pengawasan, diharapkan setiap PCL mampu menjalankan tugasnya dengan akurat dan efisien. Setiap PML akan mendampingi 1-2 PCL, menjaga agar setiap blok sensus tercakup dengan baik.

SERUTI di Kabupaten Tegal melibatkan kolaborasi dari 11 PCL mitra statistik dan 6 PML organik BPS. Setiap PCL bertanggung jawab untuk mendata 2 blok sensus, dengan total 22 blok sensus yang akan disurvei. Pencacahan rumah tangga sampel SERUTI triwulan IV ini akan berlangsung dari 11 hingga 30 November 2023.

"Data berkualitas adalah pondasi kebijakan yang kuat," kata Kepala BPS Kabupaten Tegal. Setiap petugas SERUTI diharapkan menjaga integritas dan kualitas data dengan seksama. Dengan tata kelola survei yg baik,  hasil pendataan akan menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan untuk membantu pemerintah dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan yang tepat dan berkelanjutan.

SERUTI bukan hanya sekadar kumpulan angka, melainkan narasi hidup masyarakat. Dengan peran aktif petugas SERUTI dan integritas data yang terjaga, Kabupaten Tegal siap menorehkan kisah ekonomi yang akurat dan bermakna. (Tys)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik