Indeks Pembangunan Manusia Jadi Acuan Kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Indeks Pembangunan Manusia Jadi Acuan Kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayan

Indeks Pembangunan Manusia Jadi Acuan Kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayan

1 Maret 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Slawi, 29 Februari 2024 - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tegal menjadikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai salah satu indikator kinerja dalam penyusunan Rencana Kerja Tahun 2025. Hal ini terungkap dalam Rapat Forum Perangkat Daerah Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2025 yang diadakan di Slawi pada tanggal 29 Februari 2024.

IPM merupakan sebuah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, pendidikan, dan standar hidup. Dalam konteks Disdikbud, IPM digunakan untuk mengukur tingkat pembangunan manusia di Kabupaten Tegal dalam hal akses layanan pendidikan dan mutu layanan pendidikan.

Penggunaan IPM sebagai indikator kinerja ini bertujuan untuk memastikan bahwa program dan kegiatan yang dijalankan Disdikbud benar-benar berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Tegal. Penggunaan IPM sebagai indikator kinerja, Disdikbud berfokus pada dua komponen utama, yaitu:

  • Rata-rata lama sekolah: Indikator ini mengukur rata-rata lama waktu yang dihabiskan seseorang untuk menempuh pendidikan formal. 
  • Harapan lama sekolah: Indikator ini mengukur rata-rata lama waktu yang diharapkan seseorang untuk menempuh pendidikan formal di masa depan. 
Dengan fokus pada dua komponen ini, Disdikbud berharap dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan pendidikan yang berkualitas.(adn)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik