Timba Pengalaman, Mahasiswa Polstat STIS Magang di BPS Kab. Tegal - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Timba Pengalaman, Mahasiswa Polstat STIS Magang di BPS Kab. Tegal

Timba Pengalaman, Mahasiswa Polstat STIS Magang di BPS Kab. Tegal

15 Juli 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada Senin, 15 Juli 2024, BPS Kabupaten Tegal menerima mahasiswa magang dari Politeknik Statistika STIS. Mahasiswa magang di BPS Kabupaten Tegal terdiri dari empat mahasiswa yang terdiri dari jurusan DIV Komputasi Statistik, DIV Statistika, dan D III Statistika. Kegiatan magang mahasiswa merupakan upaya dukungan terhadap program Merdeka Belajar Kemendikbudristek yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa terhadap lingkungan kerja BPS, karena lulusan Politeknik Statistika STIS akan diangkat menjadi Calon Aparatur Sipil Negara di lingkungan Badan Pusat Statistik. Magang juga merupakan sarana untuk mengolah dan menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah. Tidak bisa dipungkiri, keadaan dan situasi pada halaman buku sangat berbeda dengan halaman kerja nanti. Hal itulah yang menjadi dasar dalam mempersiapkan mahasiswa agar adaptif pada saat melaksanakan pekerjaannya nanti. Pada hari yang sama, Polstat STIS juga melaksanakan pembekalan magang secara daring yang dilakukan melalui Zoom dan Youtube. Pembekalan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari BPS Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, serta mahasiswa D-IV dan D-III Polstat STIS yang akan melaksanakan magang. Pada pembekalan tersebut, dijelaskan mengenai latar belakang kegiatan magang, manfaat magang baik untuk mahasiswa, kampus Polstat STIS, dan instansi tempat magang yaitu BPS. Pengenalan mengenai sistem informasi magang yang baru saja dikembangkan juga diperkenalkan melalui pembekalan ini sehingga proses magang terjadi secara sistematis. Kegiatan magang ini berjalan selama kurang lebih 2 bulan dimulai sejak Senin, 15 Juli 2024. Dalam waktu yang mungkin cukup singkat, mahasiswa diharapkan mampu menimba pengalaman sebanyak mungkin terkait proses bisnis yang terjadi di BPS Kabupaten Tegal. Mulai dari kegiatan teknis yang berkaitan dengan statistik hingga turun ke lapangan secara langsung. Tidak menutup kemungkinan, mahasiswa juga dapat mengeksplorasi dan meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi, berkolaborasi, dan juga adaptif di segala situasi.
Selama 2 bulan tersebut, akan dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap kinerja mahasiswa. Hasil evaluasi ini nantinya akan menjadi masukan bagi Polstat STIS untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kurikulum yang ada. Selain itu, evaluasi ini juga berguna bagi BPS dalam menilai efektivitas program magang serta mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Dengan demikian, diharapkan program magang ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak yang terlibat. (MagangSTIS)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik