June 5, 2020 | Other Activities
Tingkat kebutuhan dan tingkat kepuasan konsumen terhadap data dan pelayanan BPS diidentifikasi melalui kegiatan SKD. Identifikasi tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas data dan informasi statistik serta memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Sejak tahun 2005, SKD rutin dilaksanakan secara tahunan. Tahun 2019, SKD dilaksanakan di 511 wilayah PST yang mencakup BPS Pusat, 33 BPS Provinsi, dan 477 BPS Kabupaten/Kota selama Bulan Maret – Mei 2019.
Secara umum, pelaksanaan SKD 2019 di PST BPS Kabupaten Tegal berjalan dengan baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan realisasi pengumpulan data yang sesuai target, yaitu 100,00%.
Hasil SKD 2019 dianalisis untuk memperoleh informasi mengenai karakteristik konsumen, kebutuhan data dan kepuasan konsumen. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui tabel , grafik, analisis kuadran dan Indeks Kepuasan Konsumen (IKK)/Customer Satisfaction Index (CSI).
Berdasarkan hasil analisis SKD 2019, dapat diambil kesimpulan:
1. Konsumen di PST BPS Kabupaten Tegal didominasi oleh konsumen yang berasal dari PNS/TNI/Polri (63,33%) dengan pemanfaatan data terbesar digunakan untuk perencanaan dan evaluasi (48,57%).
2. Konsumen di PST BPS Kabupaten Tegal cenderung menggunakan jenis layanan yang menyediakan data dan informasi statistik berupa layanan data mikro/peta digital/softcopy publikasi (33,33%). Kecenderungan tersebut juga diperkuat dengan persentase fasilitas utama untuk memperoleh data BPS terbesar adalah website BPS (46,67%).
3. Sebagian besar konsumen di PST BPS Kabupaten Tegal menggunakan data BPS sebagai data utama untuk kegiatan yang dilakukan. Dengan kata lain, BPS menjadi rujukan utama bagi konsumen dalam memperoleh data. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase sebesar 96,67%.
4. Secara umum, konsumen merasa puas terhadap data yang diperoleh dari penyedia data BPS Kabupaten Tegal yang ditunjukkan dengan persentase kepuasan sebesar 100%.
5. Kepuasan konsumen terhadap data yang diperoleh dari penyedia data BPS Kabupaten Tegal disajikan menurut dimensi kualitas data, yaitu kelengkapan data, akurasi data, kemutakhiran data, relevansi, koherensi dan komparabilitas, aksesibilitas, interpretabilitas, serta aktualitas dan ketepatan waktu.
6. Kepuasan konsumen terhadap pelayanan di PST BPS Kabupaten Tegal
digambarkan melalui IKK. Nilai IKK PST BPS Kabupaten Tegal adalah 91,7. Artinya, kualitas pelayanan di PST BPS Kabupaten Tegal adalah sangat memuaskan.
Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil analisis SKD 2019 dalam rangka meningkatkan kualitas data dan informasi statistik serta memberikan pelayanan publik yang lebih baik adalah:
1. IPA memetakan 12 atribut pelayanan ke dalam empat kuadran yang dipisahkan oleh rata-rata tingkat kepentinganpada sumbu Y dan rata-rata tingkat kepuasan pada sumbu X. Berdasarkan hasil IPA, 4 atribut pelayanan di PST BPS Kabupaten Tegal menjadi prioritas utama perbaikan (kuadran A), yaitu:
a. Kemudahan memperoleh data dari website BPS;
b. Kemudahan akses metadata;
c. Kejelasan fasilitas pengaduan.
2. Atribut pelayanan yang akan digunakan pada kuesioner SKD 2020 sebaiknya tidak mengalami banyak perubahan dibandingkan SKD 2019. Hal ini ditujukan untuk mengetahui keterbandingan variabel antar tahun.