Keakraban Bapak Deputi Bidang Sosial BPS RI dengan para petugas SP2020 Lanjutan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Keakraban Bapak Deputi Bidang Sosial BPS RI dengan para petugas SP2020 Lanjutan

Keakraban Bapak Deputi Bidang Sosial BPS RI dengan para petugas SP2020 Lanjutan

24 Juni 2022 | Kegiatan Statistik


Dalam rangka evaluasi pelaksanaan Sensus Penduduk Lanjutan (SP2020) BPS melaksanakan pertemuan tim kerja LF SP2020 yang dihadiri oleh petugas yaitu PPL (Petugas Pencacah Lapangan), Kortim (Koordinator Tim), Koseka (Koordinator Sensus Kecamatan) dan Tim Supervisi.  Pertemuan terbagi menjadi beberapa center yang dilaksanakan secara serentak pada Jum’at 24 Juni 2022.

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS RI, Dr. Ateng Hartono SE, M.Si berkenan secara langsung berkunjung di salah satu center evaluasi  yaitu Center Dukuhturi. Kunjungan Bapak Deputi yang didampingi oleh Statistisi Ahli Madya BPS Jawa Tengah, Muh Saichudin S.Si, M.Si;  Kepala BPS Kabupaten Tegal, Jamaludin, MM; Kepala Sub Bagian Umum BPS Kabupaten Tegal, Andi Kurniawan SST.,M.Si; serta Statistisi Ahli Muda BPS Kabupaten Tegal,  Ratna Sari Dewi M.M langsung disambut dengan antusias oleh para peserta. Kedatangan Bapak Deputi bersama rombongan memberikan semangat tersendiri bagi para peserta dalam mensukseskan kegiatan LF SP2020 terutama kegiatan lapangan yang berakhir pada bulan Juni ini.

Pada kesempatan tersebut, bapak deputi berdialog secara langsung dengan para petugas mengenai pelaksanaan, kendala, suka dan duka yang dirasakan oleh para petugas di lapangan. Aura keakraban dan kehangatan dirasakan manakala bapak deputi mulai berbincang akrab dengan para petugas meskipun baru bertemu secara lagsung. Pengalaman di lapangan pun terlontar satu persatu dari petugas lapangan, mulai dari susahnya bertemu responden sampai 7 kali kunjungan, sulitnya menyakinkan responden bahwa petugas adalah petugas resmi dari BPS, responden yang hanya menerima petugas di luar pagar,  belum lagi saat cuaca yang tidak bersahabat dan sebagainya. Gagal upload data juga menjadi kendala tersendiri bagi para petugas, mengingat metode yang  digunakan dalam pendataan Kuesioner Long Form ini adalah CAPI (Computer Asisted Personal Interview).

Meskipun menghadapi berbagai kesulitan, tidak lantas membuat petugas patah semangat karena responden yang menerima kedatangan petugas dengan ramah dan welcome juga tidak sedikit. Jawaban responden saat wawancara menjadi booster semangat tersendiri bagi para petugas. Apalagi saat berhasil upload data tanpa terkendala, memberikan energi yang kuat untuk menyelesaikan kegiatan lapangan tepat pada waktunya.

Dalam bincang akrab tersebut, Bapak Deputi juga memberikan solusi menghadapi responden yang memiliki karakteristik yang berbeda beda, tip dan trik dalam menggunakan waktu yang tepat untuk upload data pada aplikasi yang digunakan dengan sesekali menyelipkan kata kata penyemangat untuk para petugas. Dialog yang diiringi dengan canda tawa tersebut diakhiri dengan arahan Bapak Deputi untuk selalu menjaga komunikasi antar petugas, menjaga kekompakan dalam tim dan untuk selalu menjaga kesehatan.

Pada akhirnya kunjungan pada pertemuan evaluasi ini beliau menyampaikan “Saat kita berfikir positif terhadap masalah apapun maka akan ada hikmah positif yg kita dapatkan”.  Dalam satu tim harus saling dukung dan support, karena itulah kunci kesuksasan tim. Dan menumbuhkan rasa optimisme petugas dalam melaksanakan kegiatan lapangan sesuai SOP dan dapat selesai tepat waktu yang pada gilirannya akan menghasilkan data yang berkualiatas. (Mart)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik