Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Apresiasi Penurunan Angka Kemiskinan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Apresiasi Penurunan Angka Kemiskinan

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Apresiasi Penurunan Angka Kemiskinan

1 November 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada tanggal 1 November 2023, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kabupaten Tegal, M. Faried Wajdy, S.Sos, M.Si, menyambut baik hasil survei BPS Kabupaten Tegal yang menunjukkan penurunan angka kemiskinan di daerah ini. Menurut data BPS Kabupaten Tegal, Kabupaten Tegal berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi 7,30% pada tahun 2023 atau mengalami penurunan sebesar 0,60 persen poin dari tahun 2022 yang sebesar 7,90 persen.

Penurunan ini merupakan tingkat penurunan tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Kota Magelang. Dengan demikian, Kabupaten Tegal menempati peringkat kedelapan sebagai kabupaten/kota dengan angka kemiskinan terendah di Jawa Tengah.

Faried Wajdy mengucapkan terima kasih kepada BPS Kabupaten Tegal atas kinerjanya dalam melakukan survei dengan akurat dan profesional. Ia juga mengapresiasi berbagai program dan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menurunkan angka kemiskinan, seperti program “yuk sekolah maning” yang memberikan bantuan biaya pendidikan bagi siswa miskin, program bantuan sosial bagi keluarga miskin, program padat karya tunai bagi pekerja miskin, serta program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Meskipun angka kemiskinan menurun, Farid Wajdy mengakui bahwa masih ada pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan terkait tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Tegal.

Salah satu faktor yang menyebabkan tingginya pengangguran adalah anak muda yang masih milih-milih pekerjaan karena bukan penanggung ekonomi keluarga. Mereka lebih memilih menunggu pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka daripada bekerja di sektor pertanian atau industri yang dianggap kurang menarik.

Pemerintah daerah akan terus berupaya untuk menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan. Ia juga mengharapkan kontribusi sektor industri dan perdagangan untuk lebih banyak membantu mendongkrak perekonomian daerah. (wind)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik