BPS Kabupaten Tegal Kembali Hadir di SMA N 3 Slawi dalam Pembinaan Literasi Statistik Sektoral - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

BPS Kabupaten Tegal Kembali Hadir di SMA N 3 Slawi dalam Pembinaan Literasi Statistik Sektoral

BPS Kabupaten Tegal Kembali Hadir di SMA N 3 Slawi dalam Pembinaan Literasi Statistik Sektoral

6 Agustus 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Selasa, 4 Agustus 2024, melanjutkan kegiatan pembinaan literasi statistik yang diselenggarakan di SMA N 3 Slawi minggu lalu, BPS Kabupaten Tegal sebagai pembina statistik sektoral di wilayah Kabupaten Tegal kembali menyelenggarakan kegiatan pembinaan literasi statistik di SMA N 3 Slawi. Pihak sekolah mengharapkan dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi yang akan menghadapi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) akan semakin memahami berbagai konteks persoalan yang berkaitan dengan literasi numerasi dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat dengan mudah memahami dan menjawab soal ANBK yang mempunyai kemiripan dengan persoalan tersebut. Farras A Zulmi, S.Pd dan Novi Dwi Ambar, S.Pd sebagai Agen Statistik Sekolah yang mendampingi siswa-siswi selama kegiatan berlangsung memberikan apresiasi atas fasilitas yang telah diberikan BPS Kabupaten Tegal kepada SMA N 3 Slawi sehingga dapat membantu menunjang program sekolah terkait dengan Pembinaan Literasi Statistik di sekolah.

Materi yang disampaikan pada sesi kali ini membahas tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang telah dipersiapkan oleh Tim Analisis Lintas Sektoral Goes to School BPS Kabupaten Tegal yang diketuai oleh Masykuri, M.Si. Materi disampaikan oleh Faqih Indra Lesmana (Mahasiswa STIS magang) mengenai konsep cara mengukur manusia berkualitas dengan salah satu indeks yang dihasilkan oleh BPS yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Penyampaian materi sangat interaktif dan menarik karena diberikan dengan suatu analogi yang mudah dapat dipahami oleh siswa-siswi SMA N 3 Slawi.

Sesi kegiatan diakhiri dengan kuis yang disajikan menggunakan platform digital sehingga antusiasme siswa-siswi dalam menjawab sangatlah tinggi dan adanya hadiah bagi pemenang kuis semakin memberikan keseruan antar siswa-siswi dalam menjawab kuis tersebut. Kegiatan ini memiliki dampak positif terhadap kompetensi siswa dan siswi yang akan mengikuti Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Harapannya, kegiatan ini bisa diadakan secara rutin dan masif, sehingga pemahaman literasi numerik di SMA lainnya, khususnya di Kabupaten Tegal, dapat meningkat. (MagangSTIS)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik