Kontribusi Nyata dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa-siswi SMA Negeri 1 Slawi - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Kontribusi Nyata dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa-siswi SMA Negeri 1 Slawi

Kontribusi Nyata  dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa-siswi SMA Negeri 1 Slawi

9 Agustus 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya



Antusiasme siswa-siswi SMA N 1 Slawi terkait kegiatan pembinanaan literasi statistik yang telah diselenggarakan menjadi alasan BPS Kabupaten Tegal pada hari Jumat, 9 Agustus 2024 kembali hadir dalam memberikan pembinaan literasi statistik untuk pengayaan Literasi Numerasi yang menjadi kurikulum sekolah menengah atas.  Literasi statistik terkait konsep statistik yang dikombinasikan dengan literasi diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam memahami literasi numerasi. Heti Setiarningsih, S.Pd selaku Agen Statistik SMA N 1 Slawi optimis terhadap kegiatan pembinaan literasi statistik yang mampu mendorong motivasi siswa-siswi untuk mempersiapkan diri sebelum pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kolaborasi nyata ini merupakan bagian pelaksanaan statistik khusus yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Tegal dalam berkontribusi meningkatkan literasi statistik terkait data-data yang dipublikasikan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Kegiatan pembinaan literasi statistik ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna yang telah disiapkan oleh pihak sekolah. Kegiatan ini mengangkat masalah sosial, khususnya kemiskinan yang disampaikan oleh Hanifah Rahmah, S.Tr.Stat dan perwakilan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Firda Azzahrotunnisa. Penyampaian materi mendapat respon positif dari siswa-siswi SMA N 1 Slawi. Ketertarikan pada topik pembahasan membuat diskusi yang berlangsung semakin menarik.

Untuk meningkatkan daya tarik siswa-siswi dalam menyerap materi, tim materi mempersiapkan kuis dengan soal-soal seputar kemiskinan dan literasi numerasi. Materi kemiskinan yang dibungkus dalam bentuk kuis mampu meningkatkan semangat dan antusiasme siswa-siswi SMA N 1 Slawi. Tiga siswa-siswi dengan poin terbaik mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh tim materi. Antusiasme tinggi pada kegiatan pembinaan literasi statistik diharapkan mampu meningkatkan semangat dalam memahami dan mengaplikasikan data secara efektif di berbagai bidang. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang statistik, para peserta diharapkan dapat mengambil keputusan yang lebih cerdas dan berbasis data. (magang STIS)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik