Turut Berkontribusi, BPS Kabupaten Tegal Sediakan Stand di Pameran Literasi - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Turut Berkontribusi, BPS Kabupaten Tegal Sediakan Stand di Pameran Literasi

Turut Berkontribusi, BPS Kabupaten Tegal Sediakan Stand di Pameran Literasi

22 Juli 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Senin, 22 Juli 2024 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tegal mengadakan pameran literasi yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perpusip Drs. Eko Jati Santoro, M.Si, Pj Bupati Kabupaten Tegal yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud, S.E, M.Si. Acara dimulai pada pukul 10.00 yang diawali dengan sambutan dari Drs. Eko Jati Santoro, M.Si yang membicarakan mengenai angka literasi Indonesia yang menempati peringkat dua paling bawah di dunia. Oleh karena itu, beliau berharap acara pameran literasi ini bisa mendorong minat membaca dan literasi anak-anak muda.

Amir Makhmud, menambahkan mengenai data UNESCO yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pemilik gawai pintar terbesar keempat di dunia namun memiliki minat baca yang rendah. Beliau juga menyinggung masyarakat Indonesia yang mengalami transformasi dari membaca buku ke serba digital, yang mana sekarang orang Indonesia khususnya anak muda, diperkirakan mampu menatap gadget selama 9 jam per hari. Oleh karena itu, beliau berharap, kegiatan ini bisa menjadi momentum untuk menambah minat baca masyarakat di Kabupaten Tegal.

Pameran literasi memainkan peran krusial dalam meningkatkan budaya membaca dan menulis di masyarakat. Melalui pameran ini, berbagai buku dan materi bacaan menarik disajikan, membangkitkan minat baca khususnya di kalangan anak-anak dan remaja. Tidak hanya itu, BPS selaku pembina data statistik sektoral juga turut berkontribusi terhadap literasi, khususnya literasi dan pemahaman tentang data. Pada kesempatan kali ini, BPS Kabupaten Tegal turut ikut serta dalam pameran literasi tersebut dengan mendirikan stand yang secara kreatif disuguhkan dengan beberapa contoh visualisasi data, infografis, dan juga beberapa hasil publikasi dari BPS. Tidak hanya itu, BPS Kabupaten Tegal juga menyediakan kuesioner dalam bentuk digital yang dapat diisi pengunjung sebagai saran dan bahan evaluasi terhadap kegiatan tersebut kedepannya. Hal ini sejalan dengan perjanjian kerjasama antara BPS Kabupaten Tegal dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tegal untuk meningkatkan Literasi Masyarakat di Kabupaten Tegal. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Literasi Statistik Goes to School, Ika Efrilia bersama para Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Jakarta (Magang STIS)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik