Kegiatan Perdana Pembinaan Literasi Statsitik BPS Kabupaten Tegal - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal

Saran dan Pengaduan dapat disampaikan melalui https://lapor.go.id atau melalui pelayanan chat center whatsapp di 082138887913 pada jam 08.00-15.00 WIB. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Tegal buka senin s.d jum'at pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB

Kegiatan Perdana Pembinaan Literasi Statsitik BPS Kabupaten Tegal

Kegiatan Perdana Pembinaan Literasi Statsitik BPS Kabupaten Tegal

30 Juli 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Kegiatan perdana Pembinaan Literasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tegal dilaksanakan di SMA Negeri 3 Slawi, Selasa 30 Juli 2024. Waka Kurikulum SMA Negeri 3 Slawi, Eko Rihanawati, S.Pd menjelaskan bahwa Pembinaan Literasi Statistik merupakan salah satu kegiatan dalam mengenalkan literasi statistik kepada siswa dan siswi SMA Negeri 3 Slawi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami numerik atau angka dari suatu literasi atau cerita yang disampaikan secara informatif oleh pemateri perwakilan BPS Kabupaten Tegal. Pihak sekolah menunjuk Farras A Zulmi, S.Pd dan Novi Dwi Ambar, S.Pd sebagai Agen Statistik Sekolah dalam kegiatan pembinaan literasi statistik yang dilaksanakan di SMA N 3 Slawi. Kegiatan ini mengangkat tema tentang konsep kemiskinan.

 

Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, BPS Kabupaten Tegal menghadirkan perwakilan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Firda Azzahrotunnisa, Tim Materi Statistik Sosial yang diketuai Ratna Sari Dewi, SST,MM dan  Ketua Tim Statistik Go to School BPS Kabupaten Tegal Ika Efrillia,SE.,MM. Materi tentang konsep dasar kemiskinan disampaikan secara menarik oleh pemateri dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan siswi SMA N 3 Slawi, pemateri menunjukkan suatu infografis tentang kemiskinan di Kabupaten Tegal kemudian dari infografis tersebut diberikan penjelasan terkait informasi mengenai kondisi kemiskinan di Kabupaten Tegal. Dari hal tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai konsep dasar kemiskinan  dan juga mengenai kemampuan literasi numerik. Sejalan dengan amanat Kurikulum Merdeka untuk sekolah menengah atas,  SMA Negeri 3 Slawi juga berkeinginan meningkatkan pemahaman literasi numerik secara sederhana, menarik, dan mudah dimengerti. Kegiatan tersebut juga memberikan dampak positif terhadap hasil capaian kompetensi seluruh siswa dan siswi yang akan menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) nantinya. Semoga kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin dan masif, agar pemahaman literasi numerik dapat ditingkatkan pada SMA lainnya, khususnya di Kabupaten Tegal. (Magang STIS)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal (BPS-Statistics of Tegal Regency)Jl Ade Irma Suryani No 1 Slawi Tegal

Telp (0283) 4561190

Faks (0283) 4561190

E_Mail : bps3328@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik